PERLUASAN MEDIA PEMANGGILAN PIHAK YANG GHAIB
 
 

Info Perkara

Perkara Diterimajenisperkarainformasi perkarastatistik perkaraFaktor Penyebab Cerai

PERLUASAN MEDIA PEMANGGILAN PIHAK YANG GHAIB

Didalam hukum acara perdata kedua belah pihak haruslah diperlakukan sama, tidak memihak dan didengar bersama-sama. Bahwa Pengadilan mengadili menurut hukum dengan tidak membedakan orang, seperti yang dimuat dalam pasal 5 ayat 1 UU 14/1970, mengandung arti bahwa di dalam hukum acara perdata yang berperkara harus sama-sama diperhatikan, berhak atas perlakuan yang sama dan adil serta masing-masing harus diberi kesempatan untuk memberi pendapatnya.

Asas bahwa kedua belah pihak harus didengar lebih dikenal dengan asas“audi et alteram partem” atau “ Eines Mannes Rede ist Keines Mannes Rede, man soll sie horen alle beide”. Hal ini berarti bahwa hakim tidak boleh menerima keterangan dari salah satu pihak sebagai benar, bila pihak lawan tidak didengar atau tidak diberi kesempatan untuk mengeluarkan pendapatnya.

Pengadilan Agama sebagai lembaga pelaksana kekuasaan kehakiman harus menempatkan dirinya sebagai lembaga peradilan yang sesungguhnya (court of law) sesuai dengan kedudukannya yang telah diberikan oleh Undang-undang No. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.[2]Berkaitan dengan hal tersebut, Pengadilan Agama harus memastikan terlaksananya pemanggilan ke pihak yang berperkara secara sah dan patut.Dengan dilakukan pemanggilan ini diharapkan para pihak dapat hadir mengikuti persidangan untuk mengemukakan pendapat serta Hakim berkesempatan untuk mendamaikan kedua belah pihak sesuai Pasal 130 HIR / Pasal 154 RBg.

Selengkapnya disini

Sistem Akuntabilitas Kinerja (SAKIP)

Sistem Informasi

sipp

Informasi Pengunjung

050724
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
168
265
936
46947
9181
16420
50724

Your IP: 3.80.128.196
2019-04-24 09:10

Portal Info Perkara

siadpaplusMenampilkan jadwal sidang, informasi, grafik perkara dsb secara realtime.
biaya
Biaya Perkara
Tentang Panjar Biaya Perkara di Pengadilan Agama Bojonegoro
panggilan
Panggilan sidang bagi pihak berperkara yang tidak diketahui alamatnya dengan jelas (ghoib).
facebook
Online Support
Berbicara langsung dengan Customer Service kami. 
pengaduan
Pengaduan Online
Isikan pengaduan Anda Pada Formulir yang disediakan di sini.